PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Siti Kamsiyati, Sri Barkah Ayati, Kartono,
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10947
Daftar Isi:
  • Abstract: The research aimed to improve students' analytical thinking ability in science learning by applying probing prompting learning model at fourth grade of Totosari No 102 Surakarta State Elementary School in 2016/2017. This reseach was a classoom action research which was held in two cycles. There were four stage in each cycle, which was planning, implementation, obsevation, and reflection. The subjects were a teacher and 34 students from the fourth grade of Totosari No 102 Surakarta State Elementary School in Surakarta in 2016/2017. The data sources were the teacher and the students. The data collection techniques were in depth interview, obsevation, test and documentation. Data validity was technic triangulation and source triangulation. Data analysis were descriptive comparative statistics, critical analysis, and interactive analysis. Based on the result of the research, a conclusion in drawn that the apply of probing prompting leaning model can improve students’ analytical thinking ability in science learning at fourth grade of Totosari No 102 Surakarta State Elementary School in Surakarta in 2016/2017.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis dalam pembelajan IPA dengan menerapkan model pembelajaran probing prompting pada siswa kelas IV SDN Totosari No 102 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seoang guru dan siswa kelas IV berjumlah 34 siswa pada semester dua SDN Totosari No 102 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, tes dan dakumentasi. Validitas yang digunakan yakni triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif komparatif, analisis kritis, dan analisis interaktif. Bedasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis pada pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Totosari No 102 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.Kata kunci: Probing Prompting, Berpikir Analitis, Pembelajaran IPA