IMPLEMENTASI STRATEGI GUIDED WRITING PROCEDURE (GWP) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Main Author: | Hadiyah, Dieni 'Izzati, Retno Winarni, |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10942 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10942/1479 |
Daftar Isi:
- Abstract: The purpose of this research is to apply Guided Writing Procedure (GWP) strategy to improve the argumentation writing skill on the 4th grade student of SDIT Insan Cendekia Boyolali in the academic year of 2016/2017. This research from is an a action research (CAR) condudted during two cycle with each cycle consist of two teaching learning activities. Each cycle consist of four stages, named planning, implementation, observation, and reflection. Subjects in the research are teacher and 23 fourth grade student of SDIT Insan Cendekia Boyolali. The source data comes from student, teacher and teaching learning activity data collection through interview technique of teacher, student, observation of teacher and student performance, and research’s documentation. Validity that used in this data is triangulation of tecniques, triangulation of source, and content validity. Analysis technique that used in this data is interactive analysis. Based on the results of the research that had been implemented, it can be concluded taha the use of Guided Writing Procedure (GWP) strategy could improve the ability to argumentation writing skill at the 4th grade students of SDIT Insan Cendekia Boyolali in the academic year of 2016/2017. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi Guided Writing Procedure (GWP) guna meningkatkan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas IV SDIT Insan Cendekia Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, prlaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDIT Insan Cendekia Boyolali yang berjumlah 23 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan peristiwa pembelajaran sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara guru mata pelajaran, siswa, observasi/pengamatan kinerja guru dan siswa dan dokumentasi penelitian. Validitas data yang digunakan adalah triagulasi sumber, triagulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi Guided Writing Procedure (GWP) dapat meningkatkan keterampilan menulis argumentasi pada siswa kelas IV SDIT Insan Cendekia Boyolali tahun ajaran 2016/2017.Kata kunci: implementasi, strategi Guided Writing Procedure (GWP), keterampilan, menulis argumentasi