PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU INTERAKTIF PADA MATERI SIMETRI LIPAT DAN SIMETRI PUTAR BANGUN DATAR DI SEKOLAH DASAR
Main Author: | Novisita Ratu, Handayani Pratiwi, |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10765 |
Daftar Isi:
- Abstract: This study aims to generate interactive book learning media to improve student learning outcomes of class V SD spada material symmetry folding and rotation symmetry semester II of the academic year 2016/2017 with a constructivism approach. This research is a development research using Learning design using ADDIE model consist of 5 stages: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. The subjects of this study are the students of grade V SDN Ledok 07 Salatiga, amounting to 24 students. The results showed that the use of interactive book learning media can improve student learning outcomes that are seen in differences in learning outcomes in pretest and posttest. Percentage of completeness when pretest that is 41,67% while when posttest reach 83,33%. Based on the expert expert test, the material, the media, and the question shows the suitability of the students' needs and fit into the appropriate category. Interactive book learning media effectively used in the learning process based on the results of questionnaire responses of teachers and students as well as the results of observation of the learning process by teachers Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran buku interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD spada materi simetri lipat dan simetri putar bangun datar semester II tahun pelajaran 2016/2017 dengan pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain Pembelajaran menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ledok 07 Salatiga yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran buku interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang terlihat pada perbedaan hasil belajar pada pretest dan posttest. Persentase ketuntasan saat pretest yaitu 41,67% sedangkan saat posttest mencapai 83,33%. Berdasarkan hasil uji pakar ahli materi, media, dan soal menunjukkan kesesuaian terhadap kebutuhan siswa dan masuk dalam kategori sesuai. media pembelajaran buku interaktif efektif digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa serta hasil observasi proses pembelajaran oleh guru. Kata Kunci: pengembangan, media buku interaktif, hasil belajar