PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Gamaliel Septian Airlanda, Lely Oktavia Sari,
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10760
Daftar Isi:
  • Abstract: This research is motivated by the problem of low motivation to learn science grade 4 SDN Kumpulrejo SDN. The purpose of this study is to improve the motivation to learn science grade 4 SDN 02 Kumpulrejo and to describe the steps of cooperative learning model type Numbered Heads Together (NHT) in improving the motivation to learn science grade 4 SDN 02 Kumpulrejo Salatiga. This research includes Classroom Action Research (PTK) conducted in 2 cycles, and each cycle consists of 3 meetings .. The subjects of this study are 4th grade students of SDN 02 Kumpulrejo with a total of 13 students, consisting of 6 male students and 7 female student. Data collection techniques in this study using observation techniques, questionnaires and interviews. Then the data obtained through the technique is analyzed using comparative description analysis technique. The results showed: 1) Application of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) in fourth grade students SDN 02 Kumpulrejo Salatiga, can improve learning motivation of science. This can be proved by the increasing completeness of student learning outcomes. 2) Step-by-step model of cooperative learning Numbered Heads Together (NHT) that can improve students' learning motivation fourth grade SDN 02 Kumpulrejo Salatiga are: Numbered, Questioning, Heads Together, and Giving Answer (Answering) Thus it can be concluded that the implementation of cooperative learning model Numbered Heads Together (NHT) in grade 4 students SDN 02 Kumpulrejo Salatiga, can improve learning motivation of science. Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah berupa rendahnya motivasi belajar IPA siswa kelas 4 SDN 02 Kumpulrejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas 4 SDN 02 Kumpulrejo serta untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas 4 SDN 02 Kumpulrejo Salatiga. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dan masing-masing siklus terdiri 3 pertemuan.. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 02 Kumpulrejo dengan jumlah 13 siswa, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket serta wawancara. Kemudian data yang didapat melalui teknik tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskripsi komparatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN 02 Kumpulrejo Salatiga, dapat meningkatkan Motivasi belajar IPA. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa. 2) Langkah-langkah model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) yang dapat meningkatkan Motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN 02 Kumpulrejo Salatiga adalah: Penomoran (Numbered), Pengajuan Pertanyaan (Questioning), Berfikir Bersama (Heads Together), serta Pemberian Jawaban (Answering) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN 02 Kumpulrejo Salatiga, dapat meningkatkan Motivasi belajar IPA. Kata kunci: motivasi belajar, IPA, model pembelajaran NHT.