PENINGKATAN KETERAMPILAN BEREKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Idam Ragil Widianto Atmojo, Riana Resti Setyowati, Endang Sri Markamah, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10528 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10528/7690 |
Daftar Isi:
- Abstract: The purpose of this research is to describe the improvement of the experiment skill by using the Learning Cycle model to the fifth-grade students of SDN Karangasem II Surakarta of the academic year 2016/2017. This research is Classroom Action Research (CAR) and it was conducted in three cycles. Each cycle consists of four steps, they are planning, implementation, observation, and reflection. The data is collected by using observation, interviews, and documentation. The data validation used content validity. The data is analized by used an interactive analysis model. The result of the research shows that the implemented of the Learning Cycle models can improve the experiment skill. It can be aproved by the increase of the experimen skill’s score in each cycle. In precycle, t.he average score of the experiment skill is 57, with 15% percentage completeness. In the first cycle, the average score increased to 72,16, with 40% percentage completeness. In the second cycle, the average score increased to 75, with 45% percentage completeness. In the third cycle, the average score increased to 78,63, with 80% percentage completeness. It can be concluded tha the applied of the Learning Cycle models can improve the experiment skill to the fifth-grade of SDN Karangasem II Surakarta of the academic year 2016/2017. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran Learning Cycle dalam rangka meningkatkan keterampilan bereksperimen pada pembelajaran IPA terhadap siswa kelas V SDN Karangasem II Surakarta tahun Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Learning Cycle dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen setiap siklus. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata keterampilan bereksperimen siswa, yaitu pada pratindakan sebesar 57 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 15%. Pada siklus I, nilai rata kelas meningkat menjadi 72,16 dengan persentase ketuntasan klasikan sebesar 40%. Pada siklus II, nilai rata kelas meningkat menjadi 75 dengan persentase ketuntasan klasikan sebesar 45%. Pada siklus III, nilai rata kelas meningkat menjadi 78,63 dengan persentase ketuntasan klasikan sebesar 80%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan keterampilan bereksperimen siswa kelas V SDN Karangasem II Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: model Learning Cycle, keterampilan bereksperimen, IPA