PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING BERBASIS SUGGESTOPEDIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Yulianti, Hendra Adi Jayanto, Peduk Rintayati, |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10503 |
Daftar Isi:
- Abstract: The purpose of this research is to improve the students competence on characteristic of light analysis through learning model of Quantum Learning based Suggestopedia on students Class VB of Elementary School of Mijen Surakarta in academic year 2016/2017. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages: planning, action execution, observation, and reflection. The subjects of this research are students Class VB of SDN Mijen Surakarta in academic year 2016/2017, amounting to 33 students. Data collection techniques are used observation, documentation, interviews, and tests. Test the validity of data in this study is used the validity of triangulation of sources and triangulation techniques. Data analysis technique is used interactive analysis model consisting of four components, namely data collection, data reduction, data presentation, and conclusion. The result of this research the application of learning model Quantum Learning based on Suggestopedia can improve the ability of light properties analysis on students Class VB of SDN Mijen Surakarta in academic year 2016/2017.Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan analisis sifat-sifat cahaya melalui model pembelajaran Quantum Learning berbasis Suggestopdia pada siswa kelas VB SD Negeri Mijen Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Mijen Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan validitas triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisi interaktif yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Quantum Learning berbasis Suggestopedia dapat meningkatkan kemampuan analisis sifat-sifat cahaya pada siswa kelas VB SDN Mijen Surakarta tahun ajaran 2016/2017.Kata kunci: Kemampuan Analisis Sifat-Sifat Cahaya, Model Pembelajaran Quantum Learning, Suggestopedia.