PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Yulianti, Lia Ulfana, Kuswadi,
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10502
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of the research is improve the reading skills of Java Script by applying the cooperative learning model of Think Pair Share type with Flashcard media at fourth grade students of SD Negeri 04 Jaten Karanganyar in the academic year of 2016/2017. The type of this research is the Classroom Action Research (CAR). The research process is conducted in two cycles. Each cycle consist of 2 meetings and 4 steps. The steps were planning, implementation, observation and reflection. Subject of this research are teacher and fourth grade students of SD Negeri 04 Jaten Karanganyar in the academic year of 2016/2017, consist of 32 students. The data collecting technique are test, interview, observation and documentation. The data validity of this research are tested by content validity and triangulation. The data analysis technique used were interactive data analysis and descriptive comparative critical analysis. The result of research at preaction stage, average value of the reading skill of Java Script reached 43 with 34% of classical completeness and average scor of student learning activity reached 1,2 with the teacher performance reached 2,2. On the first cycle, the average value increased 66 with 53% of classical completeness and average scor of student learning activity reached 3,3 with the teacher performance reached 3,15. On the second cycle, the average value increased again up to 81 with 81% of classical completeness and average scor of student learning activity increased 3,7 with the teacher performance reached 3,6. The conclusion of the research is applying the cooperative learning model of Think Pair Share type with Flashcard media can improve the reading skills of Java Script at fourth grade students of SD Negeri 04 Jaten Karanganyar in the academic year of 2016/2017. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca Aksara Jawa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan media Flashcard pada siswa kelas IVB SD Negeri 04 Jaten Karanganyar tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahapan. Tahapan-tahapan tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVB SD Negeri 04 Jaten Karanganyar tahun ajaran 2016/2017, yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif dan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap pratindakan, nilai rata-rata keterampilan membaca Aksara Jawa siswa sebesar 43, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 34% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 1,2 serta skor rata-rata kinerja guru sebesar 2,2. Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 66, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 53% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 3,3 serta skor rata-rata kinerja guru memperoleh skor 3,15. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 81, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 81% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 3,7 serta skor rata-rata kinerja guru memperoleh skor 3,6. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan media Flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca Aksara Jawa pada siswa kelas IVB SD Negeri 04 Jaten Karanganyar tahun ajaran 2016/2017.Kata kunci: Think Pair Share, media Flashcard, keterampilan membaca Aksara Jawa