PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PROSES PEMBENTUKAN TANAH M ELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Karsono, Fijai, Siti Istiyati,
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10480
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep proses pembentukan tanah degan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Leaning dapat meningkatkan pemahaman konsep proses pembentukan tanah.