PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Idam Ragil Widianto Atmojo, Dara Rahayu Febrian, Lies Lestari,; sebelas maret university |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10468 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10468/7688 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10468/1405 |
Daftar Isi:
- Abstract: This study aims to improve students' learning activity on science learning through the application of contextual learning model in fourth grade students of SD Negeri Surakarta in academic year 2016/2017. This form of research is a classroom action research (PTK) which is carried out in two cycles. Each consists of three meetings each meeting consisting of planning, execution, observation, and reflection stage. The subjects of teacher and fourth grade students of SD Negeri Surakarta in academic year 2016/2017 are. The data source comes from teachers, students and documents. Technical data used are observation, test and interview. The validity of the data used is the content validity. Analysis of data used is interactive analysis with four components namely data, data reduction, data presentation and withdrawal. The results showed that learning contextual learning can improve students' learning activity in science class IV SD Negeri Surakarta academic year 2016/2017. Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Contextual Te aching And Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing terdiri dari tiga pertemuan setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah analisi interaktif dengan empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017.