PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Idam Ragil Widianto Atmojo, Defanggi Aldrina Ayurisma Puri, Lies Lestari, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10458 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10458/7693 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang melalui penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan pendekatan pembelajaran RME dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang. Kata Kunci: Peningkatan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang, pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME).