PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Endang Sri Markamah, Winda Kurniati, Hasan Mahfud, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10456 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10456/7651 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan tingkat pusat dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Script pada siswa kelas IV SD Negeri Sondakan No.11 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sondakan No.11 Surakarta yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interkatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dketahui bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan tingkat pusat pada siswa kelas IV SD Negeri Sondakan No.11 Surakarta. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes pemahaman konsep sistem pemerintahan tingkat pusat pada setiap siklusnya.