PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Idam Ragil Widianto Atmojo, Fajar Puji Hardono, Siti Istiyati,
Format: Article info eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10413
Daftar Isi:
  • Abstract: This study aims to improve the skill of science process in students fourth grade students of State Elementary School Karanganyar in academic year 2016/2017 through science learning by applying the model of Problem Based Learning (PBL). This form of research is a classroom action research (PTK) conducted in three cycles. Each cycle consists of two meetings, each meeting starting from the planning, implementation, observation, and reflection. The subjects research are teacher and fourth grade students of State Elementary School Karanganyar in academic year 2016/ 2017 a total of 33 students. The data source comes from teachers, students and some documents. Technical data used are observation, interview and document review. The validity technique used is content validity. Data analysis techniques used data, data reduction, data presentation and withdrawal. The result of the research shows that Problem Based Learning (PBL) model can improve skill of science process in fourth grade students of State Elementary School Karanganyar in academic year 2016/2017.Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar tahun ajaran 2016/ 2017 melalui pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap pertemuan dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar tahun ajaran 2016/2017 sejumlah 33 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan beberapa dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kajian dokumen. Teknik uji validitas yang digunakan adalah validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar tahun ajaran 2016/ 2017.Kata Kunci : Keterampilan Proses IPA, Pembelajaran Problem Based Learning, Sekolah Dasar