PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI DAERAH SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: Karsono, Firmansyah, Siti Istiyati,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10408
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10408/7646
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10408/1391
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang melalui penerapan model Make a Match. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat bangun ruang.