Peningkatan Pemahan Konsep Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SD Negeri Dukuhan Kerten No.58 Surakarta

Main Author: Hasan Mahfud, Yendi Yusra Chumdari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10355
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10355/7639
Daftar Isi:
  • Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model inkuiri. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep Sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD.