IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Karsono, Aliffah Fajarwati, Chumdari, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10341 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10341/7593 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10341/1374 |
Daftar Isi:
- Absract: The purpose of this research was to improve addition and substraction of fraction counting capability by using cooperative learning model type of Team Assisted Individualization (TAI). The type of this research is classroom action research. It consist of two cycles. Each cycle consist of four phases, there are planning, action, observation, and reflection. The research subject are researches, classroom teacher, andthe five grade students of SD Negeri Karangasem III Laweyan Surakarta which consist of 28 students. The data collecting technique were interview, observation, test, and documentation. The data validity of this research used triangulation of resources and triangulation of technique. The technique analyze data was interactive analysis. The conclusion of this research was the implementation of cooperative learning model type of Team Assisted Individualization (TAI) model can improve addition and substraction of fraction counting capability of five grade students of SD Negeri Karangasem III Laweyan Surakarta. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti, guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri Karangasem III Laweyan Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sementara itu, analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Simpulan penelitian ini adalah implementasi model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas V SD Negeri Karangasem III Laweyan Surakarta.