Penggunaan Media Geoboard (Papan Berpaku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar
Main Author: | Karsono, Gresia Dolhasair, Siti Istiyati, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10339 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10339/7597 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10339/1373 |
Daftar Isi:
- Abstract: The objective of this research is to improve the conceptual understanding of Waking Flat through the use of geoboard (board nailed) media of the students in Grade II of State Primary School in Surakarta of Academic Year 2016/2017. This research used the classroom action research (CAR) with two cycles. Each cycle consisted of four phases, namely: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of research were 33 students, 17 males and 16 females, in Grade II of State Primary School in Surakarta of Academic Year 2016/2017. The sources of data were the students and the class teacher of the school, the students’ scores of the conceptual understanding of Waking Flat in the pre-treatment and ongoing treatment. The data of this research were collected through in-depth interview, observation, test, and documentation. They were validated by using the source triangulation and the content validity and analyzed by using the interactive model of analysis comprising three components, namely: data reduction, data presentation, and conclusion drawing.Thus, the use of geoboard (board nailed) media can improve the conceptual understanding of Waking Flat of the students in Grade II of State Primary School in Surakarta Academic Year 2016/2017 Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar melalui penggunaan media geoboard (papan berpaku) pada siswa kelas II SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Sumber data terdiri dari siswa dan guru kelas, data nilai pemahaman konsep bangun datar pratindakan dan saat tindakan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan validitas isi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Geoboard (papan berpaku) dapat meningkatkan pmahaman konsep bangun Datar pada siswa kelas II SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017.Kata Kunci: Geoboard (Papan Berpaku), Pemahaman Konsep, Bangun Datar, Matematika Sekolah Dasar