PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Kuswadi, Dian Tri Hapsari Siti Wahyuningsih |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10311 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10311/7587 |
Daftar Isi:
- Abstract: The form of this research is a Classroom Action Research (CAR) which consists of two cycles. Every cycle consists of four phases, planning, acting, observing, and reflecting. The research subject are teacher and B grade student’s of Widya Wacana Christian Primary School 6 Surakarta in academic year of 2016/2017. The data collecting technique are observation, interview, test, and documentatiom. Validity test in this research are source triangulation, technique triangulation, and content validity.The data analysis technique is interactive model analysis technique from Miles and Huberman which consists of 3 steps namely data reduction, data serving, and taking conclusion. The result of this research shows the ability in solving story problem of fraction improves by using cooperative learning model type Think Pair Share (TPS). The class average score in solving story problem of fraction before the action only was 51,93 with the completeness percentage 27,59%. The class average score of solving story problem of fraction after given the action on first cycle was 71,59 with the completeness percentage 55,17% and second cycle was 85,97 with the completeness percentage 89,66%. That improvement is also proved by student’s activity before action only 1,1 with enough category, increased to 2,1 with good category on first cycle, increased again to 3,4 with very good category on second cycle. The conclusion of this research was the application of cooperative learning model type Think Pair Share (TPS) could increase the student’s ability in solving story problem of fraction at B grade student’s of Widya Wacana Christian Primary School 6 Surakarta in academic year of 2016/2017. Abstrak: Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV B SD Widya Wacana 6 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan sebelum tindakan hanya 51,93 dengan persentase ketuntasan kelas 27,59%. Nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan siswa setelah diberi tindakan meningkat menjadi 71,59 dengan persentase ketuntasan kelas 55,17% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 85,97 dengan persentase ketuntasan kelas 89,66% pada siklus II. Peningkatan tersebut diperkuat dengan peningkatan aktivitas siswa pratindakan hanya 1,1 dengan ketegori cukup baik, meningkat menjadi 2,1 dengan kategori baik pada siklus I, meningkat lagi menjadi 3,4 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan siswa kelas IV B SD Widya Wacana 6 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Think Pair Share (TPS), kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan.