PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA MAGNET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LERANING) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Hasan Mahfud, Yakobus Ede Pawe, Chumdari,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10285
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10285/7555
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10285/1365
Daftar Isi:
  • Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep gaya magnet melalui penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pen­gamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan doku­mentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggu­nakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep gaya magnet.