PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA MAGNET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LERANING) PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Hasan Mahfud, Yakobus Ede Pawe, Chumdari, |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10285 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10285/7555 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10285/1365 |
Daftar Isi:
- Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep gaya magnet melalui penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep gaya magnet.