Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Jasa dan Peranan Tokoh-Tokoh Kemerdekaan pada Siswa Sekolah Dasar

Main Author: Sadiman, Is Us Zainab Arrahmah, Suharno,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10277
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10277/7553
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10277/1359
Daftar Isi:
  • Abstract: The objective of this research is to improve the concept of serving and role of independence figures mastery through the Course Review Horay learning model of the students in Grade V of state Primary School Mojosongo I of Boyolali in Academic Year 2016/2017. The form of this research is a Classroom Action Research (CAR) conducted of 2 cycles. The subjects of the research were 29 students in Grade V of the school. The data of the research were collected were collected through in-depth interview, test, observation, and documentation. The data analyzed by using the interactive model of analysis comprising four components, namely: data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing. The data were validated by using the source and technique triangulations. The result of the research shows that prior to the treatments, the learning completeness was 17,24%; it became 82,76% in Cycle I and 93,1% in Cycle II respectively. Thus, the Course Review Horay learning model could improve the concept of serving and role of independence figures mastery of the students in Grade V of State Primary School Mojosongo I of Boyolali in Academic Year 2016/2017. Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh-tokoh kemerdekaan dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas V SD Negeri 1 Mojosongo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Mojosongo Kabupaten Boyolali yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan siswa pra tindakan sebesar 17,24%, siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 82,76%, dan siklus II meningkat menjadi 93,1%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh-tokoh kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri 1 Mojosongo Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: Model Koopertif Tipe Course Review Horay, Pemahaman Konsep Jasa dan Peranan Tokoh-tokoh Kemerdekaan