PENINGKATAN PEMAHAMAN SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Sukarno, Marhatul Saleha Yulianti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10262 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10262/7543 http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10262/1350 |
Daftar Isi:
- Abstract: This study aims to describe results enhancement understanding of light properties through SAVI learning model (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) on the students of class V.2 SD Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta, Academic year 2016/2017.The form of this research is a classroom action research (PTK) which carried out as much as 2 cycles. Each cycle consists of four stages: planning, execution, observation, and reflection. The subjects of this study are students of class V.2 SD Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta which has 29 students. The data sources were collected from teachers and students. The techniques used are interviews, observation, documentation, and tests. Validity of data used is triangulation of source and triangulation technique. The data analysis used is interactive analysis.The results of this study shows that the use of SAVI learning model (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) can improve the understanding of the properties of light in students of class V.2 SD Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta in academic year 2016/2017.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil peningkatkan pemahaman sifat-sifat cahaya melalui model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) pada siswa kelas V.2 SD Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V.2 SD Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta yang berjumlah 29 siswa. Sumber data yang digunakan berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) dapat meningkatkan pemahaman sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V.2 SD Negeri Mangkubumen Lor No.15 Surakarta tahun ajaran 2016/2017.