PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAHAN BELANDA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: Sularmi, Stevi, Hadi Mulyono,; Sebelas Maret University
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10223
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10223/1331
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10223/1333
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10223/1334
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10223/1335
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this research was to increase concept understanding about fighting against the colonial by cooperative learning model of Teams Games Tournament . At fifth grade students of SD Negeri Surakarta in academic year 2016/2017. This research was classroom action research consist of two cycles. Each cycles had to meetings. Each one consist of four phases, namely planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research is I as a research, teacher and and the fifth grade students of SD Negeri Surakarta many as 30 students. The sources of data there were teacher, students dan documents. The data collecting technique were, observation, test, and interview. The data validity used triangulation of source and technique. The data analysis technique use interactive analysis model which consist of four components, namely: Data Collection, Data Reduction, Data Display and Verification. The results showed the use of cooperative learning model type Teams Games Tournament can be improve concept understanding of About Fighting Againts the Colonial for fifth grade of SD Negeri Surakarta in academic year 2016/2017. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perjuangan melawan penjajahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada siswa kelas V SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah saya sebagai peneliti, guru dan siswa kelas V SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan pemahaman konsep perjuangan melawan penjajahan siswa kelas V SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017.Kata Kunci: Pemahaman konsep, perjuangan masa penjajahan, Teams Games Tornament