PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA BERBASIS MODEL PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) DI SEKOLAH DASAR
Main Author: | Hadiyah, AHMAD SYAWALUDIN, Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti,; Universitas Sebelas Maret |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10190 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa (LKS) pembelajaran IPA berbasis Model Predict, Observe, Explain (POE) pada materi gaya untuk kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang memiliki tiga tahapan, yaitu studi pendahuluan, tahap pengembangan produk/ model, dan tahap pengujian produk/ model. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik uji analisis uji-t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tahap studi pendahuluan menunjukkan bahwa LKS yang tersedia di lapangan belum memenuhi kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD sehingga perlu dikembangkan untuk pembelajaran yang efektif. (2) Pengembangan dimulai dengan menyusun prototipe LKS dilanjutkan dengan validasi ahli terhadap prototipe LKS yang menyatakan bahwa prototipe LKS memenuhi kualitas baik, dengan skor didaktik sebesar 3,42, skor konstruksi sebesar 3,21, dan skor teknis sebesar 3,50 sehingga dapat diujicobakan dengan revisi. (3) Hasil perbaikan prototipe LKS diujicobakan secara terbatas dan luas di tiga sekolah dasar dengan hasil yaitu LKS memenuhi syarat-syarat penyusunan LKS sesuai dengan pandangan para pakar dan pengguna sehingga layak untuk digunakan.