KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI REJOSARI 03 SEMARANG
Main Author: | Arumatika, Nindi; Universitas PGRI Semarang |
---|---|
Other Authors: | Universitas PGRI Semarang |
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10071 |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah masih ada 40% siswa belum mencapai KKM dan kurangnya kemampuan kritis siswa dalam memahami soal matematika, serta rendahnya aktivitas belajar yang ditunjukkan peserta didik. Hal tersebut disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvensional. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Rejosari 03 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design dengan jenis Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Rejosari 03 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA dengan jumlah 20 siswa dan kelas VB dengan jumlah 24 siswa. Instrumen menggunakan tes uraian untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika. Penelitian ini menemukan bahwa model Two Stay Two Stray efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Rejosari 03 Semarang.