PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP KEGIATAN JUAL BELI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTHETIC)

Main Author: Lies Lestari, Salvina Wahyu Prameswari, Siti Istiyati,; Sebelas Maret University
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10034
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10034/7418
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/downloadSuppFile/10034/1310
Daftar Isi:
  • The purpose of this research is to improve the understanding of activities of buying and selling on the 3rd­­ grade students of SD Negeri Soropadan No. 108 Surakarta in academic year of 2015/2016 by applying VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) learning model. The type of this research is Classroom Action Researches (CAR) that consist of two cycles, each cycles consist of two meets with each consisting of planning, acting, observing, and reflecting. The subject of this research is the 3rd­­ grade amount 34 students, consist of 15 males and 19 females. The techniques of collecting data are observation, interview, documentation, and test. Data validity technique is tested by using data content. The techniques of analysis data used interactive analyses model consist of three components, they are data reduction, data display, and conclusion. Based on the result of research, it can be concluded that application VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) learning model can improves the concept understanding of activities of buying and selling in the 3rd­­ grade students of SD Negeri Soropadan No. 108 Surakarta in academic year of 2015/2016. Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep kegiatan jual beli pada siswa kelas III SD Negeri Soropadan No. 108 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic). Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) dapat meningkatkan pemahaman konsep kegiatan jual beli pada siswa kelas III SD Negeri Soropadan No. 108 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: pemahaman konsep, kegiatan jual beli, model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic)