Implementasi Utility AI untuk Pembuatan Fitur Auto-Battle pada Game Dude Knight

Main Authors: Hakim, Syauqi Hidayatul, Kholimi, Ali Sofyan, Husniah, Lailatul
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Malang , 2020
Subjects:
Online Access: http://repositor.umm.ac.id/index.php/repositor/article/view/495
http://repositor.umm.ac.id/index.php/repositor/article/view/495/47
Daftar Isi:
  • Grinding adalah kegiatan repetitif yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan karakter (level) dalam game terutama dengan genre RPG. Dengan sistem seperti ini, konten game selanjutnya akan sulit diraih oleh pemain yang ingin menamatkan game tetapi tidak memiliki banyak waktu bermain. Fitur auto-battle hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Pemain dapat melakukan hal lain selagi auto-battle berjalan untuk grinding. Fitur tersebut haruslah dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang bisa menyelesaikan pertarungan dengan baik. Hal tersebut semakin dibutuhkan terutama pada game dengan genre turn-based strategy seperti Dude Knight dimana strategi dibutuhkan untuk menang. Meskipun game ini memiliki auto-battle bawaan dari game engine yang digunakan, terdapat beberapa kekurangan pada auto-battle bawaan tersebut. Penelitian ini menawarkan auto-battle yang lebih baik menggunakan Utility AI. Perilaku pada auto-battle yang dibuat akan difokuskan pada AI yang lebih stabil dalam memenangkan pertarungan dan dapat memenangkan pertarungan lebih cepat. Kedua AI akan diuji dan akan dilakukan t-test sebelum melakukan perbandingan data. Hasilnya adalah Utility AI memiliki rasio kemenagan yang lebih besar dari AI bawaan. Utility AI juga memenangkan pertarungan lebih cepat.