KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI GURU SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN

Main Author: Suponco , Priyo
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Wiralodra , 2018
Subjects:
Online Access: http://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/13
http://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/13/7
Daftar Isi:
  • Pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kepemimpinan partisipatif dan kompetensi guru terhadap mutu pendidikan baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory survey method, dengan teknik pengumpulan data angket skala lima kategori Likert, terhadap 65 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan partisipatif terhadap mutu pendidikan. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi guru terhadap mutu pendidikan. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepemimpinan partisipatif dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pada SMA Negeri, para guru perlu memperhatikan masalah penguasaan kompetensinya agar diperoleh efektivitas proses pembelajaran yang lebih optimal. Mutu pendidikan pada SMA Negeri sudah cukup baik, namun demikian masih perlu ditingkatkan agar diperoleh kualitas pendidikan secara keseluruhan. Peningkatan kualitas pendidikan antara lain dapat dilakukan dengan cara mengembangkan kepemimpinan partisipatif dan kompetensi guru.