IBM PENINGKATAN DAYA SAING PENGUSAHA TRAVEL DI MALANG RAYA

Main Author: Azhar, Yufis
Other Authors: Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Malang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Dedikasi , 2018
Online Access: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/6438
http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/6438/5686
Daftar Isi:
  • Tidak dapat dipungkiri bahwa ketersediaan modal menjadi salah satu faktor utamadalam ketahanan suatu usaha, demikian pula usaha travel. Banyak pengusaha traveldengan modal kecil akhirnya harus gulung tikar karena tidak mampu bersaingdengan usaha sejenis yang memiliki modal besar. Perlu ada strategi jitu daripengusaha-pengusaha dengan modal kecil ini agar usahanya tetap eksis meskipundengan dana yang minim. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah denganpenerapan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepadakonsumen serta alat bantu untuk memasarkan jasanya. Sistem aplikasi mobile yangdapat digunakan oleh konsumen untuk memesan jasa layanan travel dapat menjadijawaban atas permasalahan tersebut. Dengan penggunaan aplikasi ini, diharapkankualitas pelayanan pada konsumen bisa meningkat, sehingga berpengaruh terhadappenambahan kuantitas konsumen yang dapat dilayani. Selain itu, diusulkan pulasuatu konsep pemasaran baru yang terinspirasi dari skema MLM (Multi LevelMarketing) yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan kosmetik atau alatkesehatan dalam memasarkan produknya. Sistem pemasaran ini juga akan dibantuoleh aplikasi mobile agar mudah penggunaannya. Diharapkan dengan adanyasistem pemasaran seperti ini, pangsa pasar dari suatu usaha travel akan lebih luassehingga kuantitas konsumen yang menggunakan jasa travel tersebut juga akansemakin bertambah.