KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK-PRODUK KOPI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN EDUWISATA PADA MASYARAKAT DESA DONOWARIH KABUPATEN MALANG

Main Authors: SW, Novin Farid, M, Arum
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat , 2019
Subjects:
Online Access: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/10738
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/10738/7241
Daftar Isi:
  • Desa Donowarih merupakan desa dengan potensi kopi yang sangat melimpah, hanya saja potensi tersebut belum dikelola secara optimal, dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat akan inovasi dan nilai tambah dari potensi yang ada. Selain itu letak desa Donowarih sangat strategis yang berbatasan langsung dengan Kota Wisata Batu sehingga menjadi peluang yang bagus untuk menjadikan desa ini menjadi area wisata. Pengabdian ini dimaksudkan sebagai upaya melatih masyarakat dalam pendampingan produksi, pemasaran dan pengelolaan wisata edukasi berbasis kopi untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat desa Donowarih. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini yakni pelatihan pengemasan produk kopi, pelatihan penggunaan pulper untuk petani, pelatihan komunikasi pemasaran kopi, keikutsertaan di pameran kopi dan penyelenggaraan event kopi di Donowarih yang sukses mendatangkan pengunjung.