Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Tanjungpura Menggunakan Metode LibQual, WebQual 4.0, dan Importance Performance Analysis (IPA)
Main Authors: | Lestari, Dian, Ilhamsyah, Ilhamsyah, Rusi, Ibnur |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Tanjungpura
, 2022
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jcskommipa/article/view/52134 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jcskommipa/article/view/52134/75676593075 |
Daftar Isi:
- Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Tanjungpura yang beralamatkan perpustakaan.untan.ac.id. Merupakan sebuah website yang memudahkan untuk mengakses informasi terkait perpustakaan. Penerapan sistem ini belum dapat dirasakan manfaatnya secara optimal, karena terkendala dari kurangnya sosialisasi dan tenaga ahli yang menangani sistem. Hal ini menyebabkan tujuan dan isi konten didalam sistem tidak dapat berkembang dan berjalan dengan semestinya. Dikarenakan alat pendukung dan penanganan sistem yang belum optimal.Untuk itu perlu adanya pengukuran kualitas layanan sistem. Metode yang digunakan sebagai media indikator penilaian adalah gabungan metode libqual terkait kualitas layanan perpustakaan dan Webqual 4.0 terkait kualitas website. Penggabungan kedua metode ini dimaksutkan agar penilaian kualitas website bisa sejalan dengan latar belakang keberadaan website tersebut yaitu terkait website perpustakaan. kemudian data diolah menggunakan metode Importance Performance Analysis untuk mengetahui prioritas utama perbaikan dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui nilai kualitas secara keseluruhan. Hasil penilaian CSI perpustakaan berada pada kategori puas dengan nilai 0,75%. Hasil analisis tingkat kesesuaian 91,66% berada pada kategori masih kurang, dengan hasil analisis kesenjangan negatif (-0,34) dibawah harapan pengguna. Secara keseluruhan terdapat 7 variabel yang menjadi prioritas utama perbaikan, yaitu Usability terkait desain Website. Information Quality terkait kualitas konten dan Service Interaction Quality terkait kualitas interaksi pengguna dan Website. Kata kunci : Webqual 4.0, Library Quality, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis.