Perbandingan Kesadaran Metekognitif Siswa yang Diajar Menggunakan Model Problem-based Instruction (PBI) dengan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)

Main Authors: Arifin, Arifah Novia, Saenab, Sitti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas MIPA UNM , 2014
Online Access: http://ojs.unm.ac.id/bionature/article/view/1552
http://ojs.unm.ac.id/bionature/article/view/1552/617
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kesadaran metakognitif siswa yang diajar menggunakan model Problem-Based Instruction (PBI) dengan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Pada penelitian ini digunakan kelompok eksperimen I berupa model pembelajaran PBI dan kelompok eksperimen II berupa model pembelajaran kooperatif tipe TPS.Instrumen penelitian berupa angket MAI (Metacognitive Awareness Inventory) untuk mengukur kesadaran metakognitif. Data dianalisis statistik deskriptif dan inferensial (T-tes dengan α= 0,05) dengan bantuan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwatidak ada perbedaan yang signifikan kesadaran metakognitif siswa SMA yang diajarmenggunakanmodel PBI dengan kooperatif TPS (p> 0,05 dengan sig 0,063).