PERAN REPRESENTASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS

Main Author: Hudiono, Bambang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Cakrawala Kependidikan , 2012
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/281
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/281/286
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji pengembangan kemampuan siswa dalam memahami konsep persamaan garis melalui berbagai representasi. Penelitian ini melibatkan dua kelompok eksperimen, dan satu kelompok kontrol dengan 216 siswa yang berpartisipasi ecara aktip. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa hasil belajar siswa yang terlibat pembelajaran dengan multi representasi dalam bentuk kelompok, lebih baik daripada yang klasikal, namun demikian keduanya lebih baik bila dibandingkan dengan siswa yang terlibat pembelajaran konvensional.Kata Kunci: Multi representasi, Persamaan garis