MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MELAHIRKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Main Author: ., Aminuyati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Cakrawala Kependidikan , 2012
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/155
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/155/154
Daftar Isi:
  • Dalam kegiatan pembelajaran, pada dasarnya tidak ada strategi, metode, model, pendekatan atau serangkaian prosedur yang paling baik dalam pembelajaran. Tiap-tiap metode, model, pendekatan memunyai kelebihan maupun kelemahan. Dengan menyadari paradigma baru dalam proses pembelajaran, yaitu pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan (PAIKEM), maka salah satu model yang dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi adalah model problem solving dengan pendekatan kontekstual. Untuk menunjang melahirkan kemampuan berpikir, diperlukan upaya untuk memperoleh informasi lewat membaca, mendengar, dan memahami informasi. Informasi tersebut diinterpretasikan dan dievaluasi secara akurat dan mengomunikasikannya lewat pembicaraan dan penulisan yang objektif.Kata kunci: Problem solving, pendekatan kontekstual, kemampuan berpikir