PREFERENSI PENGGUNA MODA TRANSPORTASI KERETA API DHOHO TRAYEK BLITAR – SURABAYA
Main Authors: | Wahyuni, Nur Aprilia; Fakultas Geografi UGM, Giyarsih, Sri Rum; Fakultas Geografi UGM |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Geografi UGM
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.geo.ugm.ac.id/ojs/index.php/jbi/article/view/910 |
Daftar Isi:
- Preferensi konsumen dapat diartikan sebagai rasa kesukaan, pilihan atau suatu hal yang disukai konsumen dan yang terbentuk dari 8 dimensi, diantaranya ialah kecepatan, kemanan, kenyamanan, ketepatan, kapasitas moda, keterpaduan moda, tarif, informasi rute dan jadwal, serta pertanggungjawaban. Latar belakang dari adanya penelitian ini ialah dikarenakan semakin tingginya minat masyarakat terhadap Kereta Api Dhoho sedangkan harga tiket semakin tahun semakin mahal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dimensi yang paling berpengaruh dalam pembentukan preferensi pengguna moda Kereta Api Dhoho. Metode penelitian ini ialah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan diagram radar, dimana pada diagram tersebut dapat diketahui kedudukan dimensi yang paling berpengaruh dalam pembentukan preferensi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada kelompok sampel hari libur (weekend) dimensi yang berpengaruh dalam pembentukan preferensi responden ialah dimensi tarif dengan nilai 4.2, pada kelompok sampel hari biasa (weekday) dimensi yang berpengaruh dalam pembentukan preferensi ialah dimensi kenyamanan dengan nilai 4.2, pada kelompok sampel jam kerja (peak hours) dimensi yang berpengaruh dalam pembentukan preferensi ialah dimensi keterpaduan moda dengan nilai 4.4.