DISTRIBUSI SPASIAL UKM FRANCHISE MAKANAN DI KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN
Main Authors: | Ihsan, Dwi Nur; Fakultas Geografi UGM, Muta’ali, Luthfi; Fakultas Geografi UGM |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Geografi UGM
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.geo.ugm.ac.id/ojs/index.php/jbi/article/view/685 |
Daftar Isi:
- Waralaba merupakan suatu bentuk usaha kerjasama suatu perusahaan dengan pihak lain yang melakukan kontrak kerja untuk menjalankan bisnis di bawah format bisnisnya dengan imbalan yang telah disepakati. Jenis bisnis ini berkembang dengan pesat di Indonesia karena waralaba(franchise) yang berdiri pasti sudah memiliki nama dan konsep bisnis yang sudah diatur. Kecamatan Depok merupakan pasar yang potensial untuk dijadikan sebagai tempat pemasaran waralaba terutama di Desa Catur Tunggal dan Condong Catur karena kawasan ini berkembang dengan pesat infrastrukturnya yang didukung dengan akses jalan yang memadai. Penelitian ini pun lebih bertujuan untuk mengetahui persebaran keruangan (distribusi spasial) dari gerai waralaba makanan yang tersebar di Kecamatan Depok.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini pada dasarnya adalah menggunakan data primer bersifat kualitatif, dimana data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan stakeholders (pelaku waralaba dan konsumen) untuk mengetahui persepsi mereka mengenai keberadaan gerai waralaba di Kecamatan Depok. Penentuan lokasi gerai dilakukan dengan cara plotting berdasarkan data yang representatif disesuaikan dengan data lapangan. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang telah diperoleh ke dalam bentuk deskripsi peta dan tabel. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa persebaran gerai waralaba membentuk pola mengelompok. Penempatan lokasinya banyak dipengaruhi oleh penggunaan lahan di wilayah yang di tempatinya. Persebaran gerai waralaba mengelompok di suatu wilayah yang aksesnya mudah dan terjangkau. Kebanyakan gerai waralaba menempati lahan yang sudah terbangun dimana terdapat merek waralaba yang lebih besar berdiri di lahan tersebut (Indomart, Alfamart).