PERSEPSI PELAKU USAHA TERHADAP DAYA TARIK INVESTASI DI KABUPATEN NGANJUK, JAWA TIMUR

Main Authors: Widhayanti, Neny; Fakultas Geografi UGM, Muta?ali, Lutfi; Fakultas Geografi UGM
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Geografi UGM , 2012
Online Access: http://lib.geo.ugm.ac.id/ojs/index.php/jbi/article/view/49
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pelaku usaha terhadapfaktor penentu daya tarik investasi serta pemeringkatan daya tarik investasi antarkecamatan di Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan adalah teknik analisisstatistik deskriptif, scalling, dan analisis statistik korelasi Spearman Rank. Datayang digunakan adalah data primer berupa kuesioner, dan data sekunder berupadata SIUP kecil tahun 2011.Hasil penelitian menyajikan berbagai karakteristik dari pelaku usaha sertausahanya. Faktor penentu daya tarik investasi daerah yang digunakan dalampengukuran/penilaian pelaku usaha antara lain dengan skor yang paling tinggiaparatur dan pelayanan dalam perijinan usaha, untuk yang kedua keterbukaan dandukungan masyarakat, keamanan dalam usaha, dan ketersediaan infrastrukturjalan, kemudian yang ketiga kualitas infrastruktur jalan, perolehan bantuandana/modal, kemampuan dan skill usaha penduduk, dan kesempatan kerja. Urutankeempat yakni konsistensi dan penegakan hukum, birokrasi dalam perijinan,bantuan dana/modal dari koperasi/perbankan, dan biaya tenaga kerja, upah/gajiuntuk pekerja.Kata Kunci: Persepsi, Pelaku Usaha, Investasi, Pemeringkatan