ANALISIS PERSESPI MASYARAKAT, FAKTOR PERSEPSI, DAN HARAPAN MASYARAKAT TERHADAP RENCANA PEMBANGUNAN SUPERBLOK “HARTONO LIFESTYLE MALL”

Main Authors: Janah, Fadchuli; Fakultas Geografi UGM, Rachmawati, Rini; Fakultas Geografi UGM
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Geografi UGM , 2018
Subjects:
Online Access: http://lib.geo.ugm.ac.id/ojs/index.php/jbi/article/view/408
Daftar Isi:
  • Superblok “Hartono Lifestyle Mall” merupakan konsep pembangunan baru di Yogyakarta dan akan menjadi bangunan terbesar di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Konsep bangunan superblok yang baru bagi masyarakat Yogyakarta mengakibatkan beberapa persepsi masyarakat. Sehubungan dengan hal itu, penelitian ini memiliki tujuan menganalisis persepsi masyarakat terhadap rencana pembangunan superblok “Hartono Lifestyle Mall”, mengetahui hubungan faktor – faktor pembentuk persepsi dengan persepsi masyarakat terhadap rencana pembangunan superblok “Hartono Lifestyle Mall”, menganalisis harapan masyarakat. Penelitian ini menggunakan sampel 70 KK di Padukuhan Kaliwaru dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner lalu dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap2rencana pembangunan superblok “Hartono Lifestyle Mall” adalah negatif, faktor pembentuk persepsi memiliki hubungan yang lemah dengan persepsi masyarakat terhadap rencana pembangunan superblok “Hartono Lifestyle Mall”, harapan masyarakat adalah adanya penyerapan tenaga kerja untuk masyarakat produktif di Kaliwaru dan harapan adanya pembuatan sumur yang digunakan untuk tempat pembuangan limbah serta adanya ruang terbuka hijau. Harapan lainnya adalah persetujuan masyarakat sekitar diharapkan menjadi salah satu syarat dalam pembuatan izin bangunan.