Analisis Perubahan Kerawanan Kecelakaan Lalu Lintas Secara Spasio-Temporal Di Kota Surakarta
Main Authors: | Nandatama, Akbar; Fakultas Geografi UGM, Rahardjo, Noorhadi; Fakultas Geografi UGM |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Geografi UGM
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://lib.geo.ugm.ac.id/ojs/index.php/jbi/article/view/1184 |
Daftar Isi:
- Aktivitas lalu lintas di Kota Surakarta meningkat dengan terdapat banyaknya jumlah perguruan tinggi. Dengan meningkatnya populasi kendaraan dan aktivitas lalu lintas yang tidak sebanding dengan kapasitas jalan dapat menyebabkan angka kecelakaan semakin tinggi. Sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai perubahan tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemodelan spasial berupa analisis berjenjang tertimbang dan analisis deskriptif dengan cara membandingkan hasil pemodelan baru dengan hasil dari penelitian sebelumnya. Berdasarkan hasil dari analisis dalam penelitian ini, didapatkan 10 dari 27 sampel ruas jalan mengalami kenaikan tingkat kerawanan kecelakaan dengan faktor yang paling sering muncul dari setiap sampel adalah faktor radius belokan. Sedangkan jalan yang mengalami penurunan tingkat kerawanan kecelakaan terdapat 6 dari 27 sampel jalan dengan faktor penyebab yang paling sering