Kajian Kualitas Pelayanan Trans Jogja di Beberapa Jalur di Kota Yogyakarta dan Sekitarnya Berdasarkan Persepsi Penumpang

Main Authors: Putri, Imas Midita; Fakultas Geografi UGM, Prakoso, B.S. Eko; Fakultas Geografi UGM
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Geografi UGM , 2019
Subjects:
Online Access: http://lib.geo.ugm.ac.id/ojs/index.php/jbi/article/view/1055
Daftar Isi:
  • Trans Jogja merupakan sistem dari semi-transportasi bus cepat yang beroperasi di Provinsi D.I. Yogyakarta sejak Maret 2008. Program penambahan rute baru Trans Jogja menjadi lebih detail dan lebih menyeluruh dilakukan pada tahun 2017. Namun pada kenyataannya, pemanfaatan Trans Jogja masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi layanan Trans Jogja pada jalur 1A, 3A, 8, dan jalur 10, mendeskripsikan karakteristik penumpang Trans Jogja jalur 1A, 3A, 8, dan jalur 10, serta membandingkan kualitas pelayanan Trans Jogja pada jalur baru dan jalur lama. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dari tabel serta grafik dengan pengumpulan data melalui observasi checklist sarana prasarana Trans Jogja, wawancara mendalam kepada pihak pengelola, serta pengisian kuesioner kepada 100 penumpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perkembangan yang signifikan dari ketiga variabel Trans Jogja dari segi kuantitas serta kualitas sejak awal operasional tahun 2008 hingga penambahan jalur pada tahun 2017. Penumpang Trans Jogja didominasi oleh masyarakat yang berasal dari Kab. Sleman berjenis kelamin perempuan dengan umur rata-rata 25-55 tahun dan memiliki pekerjaan sebagai IRT atau pelajar/mahasiswa. Alasan penumpang memilih Trans Jogja secara berturut-turut adalah murah, akses mudah, aman, dan lainnya. Tidak terdapat perbedaan kualitas pelayanan yang signifikan antara jalur baru (jalur 8 dan jalur 10) dengan jalur lama (jalur 1A dan jalur 3A). Kedua jalur memiliki kualitas pelayanan dengan kriteria “baik” pada setiap dimensi