Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 1 Pandan
Main Author: | Lumbanraja, Basaria |
---|---|
Other Authors: | Universitas Terbuka |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bisnis dan Manajemen Eksekutif
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JBME/article/view/1 http://pasca.ut.ac.id/journal/index.php/JBME/article/view/1/1 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja guru, pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru dan pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian survai. Reponden adalah guru SMP Negeri 1 Pandan sebanyak 42 orang. Tipe penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research), karena penelitian ini bermaksud menjelaskan pengaruh antar variabel kepemimpinan kepala sekolah dan variabel motivasi kerja terhadap kinerja guru. Pengumpulan data di lakukan melalui kuesioner dan dokumen sekolah. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan, 1).Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Pandan. 2).Motivasi kerja guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 Pandan. 3).Gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Pandan. Berdasarkan analisis determinan menunjukkan variabel gaya kepemimpinan dan motivasi kerja mampu menjelaskan variabel kinerja guru SMP Negeri 1 Pandan. Kata kunci : Gaya Kepemimpinan , Motivasi Kerja, Kinerja Guru ABSTRACT The aim of this study was to find out the influence of the school principal leadership and motivation on teachers’ performance, at State Junior High School (SMP Negeri) 1 Pandan Central Tapanuli District. This study is a survey. The respondents were 42 teachers of SMP Negeri 1 Pandan. This study was meant to detect the influence of school principal leadership and motivation on teachers’ performance. Data were collected using questionnaires and the school documents. Double regression analysis were used. The study showed that at SMP Negeri Pandan, 1) The school principal leadership has a positive influence on the teachers’ performance 2) The school principal leadership and the teacher working motivation jointly have a positive influence on the teachers’ performance. Keywords: School Principal Leadership, Working Motivation, Teachers’ Performance