PERAN DIGITALISASI DALAM FENOMENA PERUBAHAN PRODUK COSPLAY BUATAN COSMAKER PADA INDUSTRI COSPLAY INDONESIA
Main Authors: | Widyastuti, Putri Anggraeni, Pertiwi, Ratih, Huddiansyah, Huddiansyah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Proceeding |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
SENADA (Seminar Nasional Desain dan Arsitektur)
, 2019
|
Online Access: |
https://eprosiding.std-bali.ac.id/index.php/senada/article/view/166 https://eprosiding.std-bali.ac.id/index.php/senada/article/view/166/117 |
Daftar Isi:
- Selama lebih dari 10 tahun, industri cosplay Indonesia mengalami perubahan pro-duk cosplay (costume play). Berawal dari cosplayer (pelaku cosplay) yang mem-buat kostum sendiri hingga berkembang menjadi cosmaker (costume maker atau orang yang pembuat produk cosplay). Banyak acara cosplay Indonesia diadakan tiap tahunnya membuat peminat cosplay berkembang dan menghadirkan industri cosplay. Produk cosplay buatan cosmaker pun mengalami fenomena perubahan dalam penggunaan digitalisasi seperti pencarian informasi karakter yang akan di-wujudkan, teknik pembuatan sampai materialnya. Untuk itu, dilakukan pemetaan diakronik berdasarkan media informasi cetak dan digital yang digunakan cosmaker dan cosplayer dalam pembuatan produk cosplay pada perkembangan industri cos-play di Indonesia secara fenomenologi dalam metodologi penelitian grounded theory. Dari data ini akan terlihat peran digitalisasi sebagai unsur pendukung peru-bahan produk cosplay buatan cosmaker di industri cosplay Indonesia mulai dari teknik pembuatan, material maupun media informasi.