PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA SEPAK BOLA SISWA KELAS VII SMP AR-RAHMAN PERCUT

Main Authors: Marpaung, Muammar Afif, Akhmad, Imran, Dewi, Rahma
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2020
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/14486
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/14486/pdf
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/downloadSuppFile/14486/2267
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara model pembelajaran inkuiri dan model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar menggiring bola. Desain penelitian menggunakan faktorial 2x2 dengan sampel berjumlah 48 siswa. Data hasil eksperimen dianalisis menggunakan rumus ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola antara model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola, (3) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar menggiring pada materi sepak bola pada kelompok siswa keativitas rendah, (4) Model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap hasil belajar menggiring pada materi sepak bola pada kelompok siswa kreativitas tinggi.