PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PLAY TEACH PLAY TERHADAP HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANGKALPINANG

Main Author: Ulfah, Widati Amalin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Medan , 2020
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/14482
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/14482/11892
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalpinang dengan menerapkan model pembelajaran play teach play. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu dengan jenis rancangan pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Pangkalpinang yang berjumlah tujuh kelas, sampel dipilih dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 34 orang dan kelas VIII D berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa thitung = 5,041 > 2,000, maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran play teach play yang digunakan dalam pembelajaran penjas pada materi passing bawah bola voli.