Pengaruh Keterlibatan Fesyen terhadap Kepercayaan Merek dengan Mediasi Nilai Hedonis dan Nilai Utilitarian pada Konsumen Gawai, Tablet dan Laptop

Main Authors: Widanti, Afrima, Alfansi, Lizar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Stikubank , 2020
Online Access: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/8412
https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/8412/3250
Daftar Isi:
  • Trust has been recognized as an important factor in business. There are many factors that influenced brand trust such as fashion involvement, hedonic value, and utilitarian value. The purpose of this study was to analyze the influenced of fashion involvement toward brand trust through hedonic value and utilirarian value. The data of respondent consumers of Smarthphone, Tab and Notebook were collected by questionnaires mailed to the respondents. Total respondents is 163. This research use Structural Equation Modelling AMOS to analysis. This research found that brand trust is significantly affected by fashion involvement through hedonic value and utilitarian value, fashion involvement has a positive effect on hedonic value and utilitarian value. The new finding is brand trust is not significantlu influenced b fashion involvement
  • Kepercayaan merupakan faktor penting dalam sebuah bisnis. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kepercayaan merek seperti keterlibatan fesyen, nilai hedonis, dan nilai utilitarian. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh  keterlibatan fesyen terhadap kepercayaan merek dimediasi nilai hedonis dan nilai utilitarian. Responden penelitian ini adalah konsumen pengguna gawai, tab dan notebook yang mana didapatkan menggunakan kuesioner online. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 163 orang dan menggunakan Structural Equation Modelling sebagai alat analisis. Peneliti menemukan bahwa kepercayaan merek dipengaruhi positif oleh keterlibatan fesyen dimediasi nilai hedonis dan nilai utilitarian, keterlibatan fesyen berpengaruh positif pada nilai hedonis dan nilai utilitarian. Namun, penemuan baru adalah kepercayaan merek tidak dipengaruhi secara langsung oleh keterlibatan fesyen.