PENGARUH MODEL GI TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Main Authors: Purwaningsih, Sri, Marpaung, Rini Rita T, Yolida, Berti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/9409
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/9409/6042
Daftar Isi:
  • This research was aimed to know the effect of group investigation model to student’s learning activity and student’s comprehension at SMA N 1 Sungkai Selatan. Samples were X.1 and X.2 that was chosen from population by cluster random sampling. This research design was pretest-postest non equivalent class. Quantitative data were obtained from the average of pretest and postest scores that were analyzed statically using t-test and U-test with SPSS 17. Qualitative data were students learning activity that were analyzed descriptively. The result showed improvement of student’s comprehension in experiment class has 30,04. This model also improved student’s learning activity from first meeting (62,50) to the second meeting (66,10). Thus, using group investigation model could improved significantly on student’s comprehension and learning activity.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran GI terhadap penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa di SMA Negeri 1 Sungkai Selatan. Sampel penelitian adalah siswa kelas X.1dan X.2 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah pretes postes tak ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postesyang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran GI pada kelas eksperimen meningkatkan penguasaan materi oleh siswa dengan rata-rata N-gain 30,04. Model GI juga meningkatkan aktivitas belajar siswa dari pertemuan I (62,50) ke pertemuan II (66,10). Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran GI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa.Kata kunci : aktivitas belajar siswa, model pembelajaran GI, pencemaran lingkungan, penguasaan materi