PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA
Main Authors: | Pebriani, Pebriani, Jalmo, Tri, Marpaung, Rini Rita T |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bioterdidik
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7819 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7819/4675 |
Daftar Isi:
- This study was aimed to find out the using of cooperative learning model think pair share (TPS) toward students learning activities and conceptual understanding. This study design was pretest-posttest non equivalent group. Samples were students from class VIII A and VIII C SMP N 1 Banjit Way Kanan selected by purposive sampling. The quantitative data ware obtained from the average of pretest-posttest and N-gain that were analyzed using U test. The qualitative data were description of learning activities and students' questionnaire responses. The study results showed that TPS can improved students conceptual understanding with the average N-gain is 60,45. Activity of teamwork, persentation, and express of ideas were increasedwith an average 60,45%. N-gain average of C1 is 60,21%, C2 is 67,57% C3 is 82,41% and C4 is 70,51%. Thus, using TPS learning model can increased students learning activities and conceptual understanding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran TPS terhadap aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa. Desain penelitian adalah pretes posttes non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII C SMP N 1 Banjit Way Kanan yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest-posttes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan TPS meningkatkan penguasaan konsep siswa secara signifikan dengan rata-rata N-gain 60,45. Aktivitas bekerjasama, presentasi, dan mengemukakan ide/pendapat mengalami peningkatan memperoleh rata-rata 78,87%. Rata-rata N-gain pada indikator C1 yaitu 60,21%, C2 yaitu 67,57% C3 yaitu 82,41% dan C4 yaitu 70,51%. Dengan demikian, pembelajaran mengguna-kan model TPS pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa. Kata kunci : penguasaan konsep, tahapan perkembangan manusia, TPS