PENGARUH MEDIA POWER POINT TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Main Authors: Halimah, Wina, Jalmo, Tri, Marpaung, Rini Rita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7605
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/7605/4492
Daftar Isi:
  • This research was aimed to know the influence of power point teaching media towards students learning activities and conceptual understanding. Samples were VIIA and VIIB. The design of this research was pretest-posttest non-equivalent group. Quantitative data were obtained from the average of test scores that were analyzed using t-test and U-test. Qualitative data were students learning activities and questionnaire responses that analyzed descriptively. The result showed that power point can improved students learning activities with percentage 86,63%. Percentage of learning activities on cooperation team (96,53%), presentation discussion result (83,33%), asking question (88,19%), and making conclusion (78,47%). Conceptual understanding of students in experiment class were not significantly different with control class, N-gain average was 15,89. In addition, most of the students (94%) gave positive responses towards power point. Thus, using power point was good to improve students learning activities but not good to improve conceptual understanding.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media power point terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep siswa. Sampel penelitian adalah kelas VIIA dan VIIB. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media power point dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata persentase 86,63%. Aktivitas bekerjasama dalam kelompok (96,53%), mempresentasikan hasil diskusi kelompok (83,33%), mengajukan pertanyaan (88,19%), dan membuat kesimpulan (78,47%). Penguasaan konsep siswa kelas eksperimen tidak berbeda signifikan dengan penguasaan konsep siswa kelas kontrol, dengan rata-rata N-gain 15,89. Selain itu, sebagian besar siswa (94%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media power point. Dengan demikian, media power point baik untuk meningkatkan aktivitas belajar namun kurang baik untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.Kata kunci: aktivitas belajar, penguasaan konsep siswa, power point