PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP

Main Authors: Oktaria, Dewi; Universitas Lampung, Sikumbang, Darlen; Universitas Lampung, Achmad, Arwin; Universitas Lampung
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2015
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/6641
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/6641/4412
Daftar Isi:
  • This research aimed to determine the application of Learning Cycle 5E (LC 5E) model towards students learning activities and conceptual understanding. Samples were VIIB and VIIC that selected by purposive sampling. The design of this research was pretest-posttest non-equivalent group. Quantitative data was obtained from the average of test scores that analyzed using t-test and U-test. Qualitative data were students learning activities and questionnaire responses that analyzed descriptively. The results showed that students learning activities improved in all aspects. Aspect of collecting data/information (78%), giving ideas/opinions (84%), presenting the results of observation/discussion (66%), making inferences (77%). Students conceptual understanding improved with average value of pretest (20,5), posttest (70,8) and N-gain (0,63). In addition, most of the students responded positively to the application of LC 5E model. Thus, LC 5E model had significant effects on improving students learning activities and conceptual understanding.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E (LC 5E) terhadap aktivitas belajar dan penguasaan konsep oleh siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIB dan VIIC yang dipilih secara purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak- ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dalam semua aspek. Pada aspek mengumpulkan data/informasi (78%), mengungkapkan ide/pendapat (84%), mempresentasikan hasil pengamatan/diskusi (66%), membuat kesimpulan (77%). Penguasaan konsep oleh siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (20,5), postes (70,8) dan N-gain (0,63). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran LC 5E. Dengan demikian model pembelajaran LC 5E berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar dan siginifikan terhadap penguasaan konsep oleh siswa.Kata kunci : aktivitas belajar, model pembelajaran LC 5E, penguasaan konsep