DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN
Main Authors: | Pratiwi, Gadis, Pramudiyanti, Pramudiyanti, Marpaung, Rini Rita T. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bioterdidik
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/6044 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/6044/3725 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/downloadSuppFile/6044/527 |
Daftar Isi:
- This research aimed to know studentsâ€TM problem solving capability. The design was simple descriptive by purposive sampling so those class VII.1,VII.2, VII.3, VII.4, dan VII.5 were choosen as subject. The technique of analysis that has been used is descriptive analysis. The qualitative data were obtained from conversion assessment of student worksheet, poster and written test. The results of this research showed that studentsâ€TM problem solving capability had moderate criteria (68.32). The average of percentage of student worksheet assessment had very high criteria (85.68%), low criteria (58.48%) on poster assessment and had moderate criteria (65.11%) on written test score. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa. Desain yang digunakan adalah deskriptif sederhana dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII.1, VII.2, VII.3, VII.4, dan VII.5 yang dipilih secara purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari konversi penilaian LKS, poster, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kriteria sedang (68.32). Terlihat dari rerata persentase penilaian LKS memiliki kriteria tinggi (85.68%), kriteria rendah (58.48%) pada penilaian poster dan kriteria sedang (65.11%) pada nilai tes tertulis.Kata kunci : LKS, pemecahan masalah, pencemaran lingkungan, poster, tes tertulis