PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA
Main Authors: | Goestira, Sefty, Achmad, Arwin, T Marpaung, Rini Rita |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Bioterdidik
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/5730 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/5730/3552 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/downloadSuppFile/5730/473 |
Daftar Isi:
- This research aimed to know the effect of  using realia media towards studentâ€TMs science process skill (SPS) and studentâ€TMs concept mastery. Samples were VIID and VIIF  chosen by purposive sampling. This research design was pretest-postest non equivalent group. The quantitative data was obtained from the average value of test that were analyzed using U-test. The qualitative data are studentâ€TMs SPS data and quostionnaire responses that were analyzed descriptively. The result showed that the realia teaching material can improve studentâ€TMs concept mastery was proof with N-gain average 65,13. The average of studentâ€TMs SPS result in experiment class was good criteria. For observation (89,78%), classification (79,57%), interpretation (75,27%), communication (76,88%), and conclusion (73,66%). Beside that, most student (96,8%) gave positive response towards realia teaching material. Thus, using realia teaching material can improve SPS and was  significant to improve studentâ€TMs concept mastery.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia terhadap keterampilan proses sains (KPS) dan penguasaan konsep oleh siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIID dan VIIF yang dipilih secara purposive sampling. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis menggunakan uji-U. Data kualitatif berupa data KPS dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan rata-rata N-gain 65,13. Hasil KPS siswa pada kelas eksperimen rata-rata berkriteria baik. Pada aspek observasi (89,78%), klasifikasi (79,57%), interpretasi (75,27%), komunikasi (76,88%), dan kesimpulan (73,66%).  Di samping itu, sebagian besar siswa (96,8%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media realia. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media realia berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan signifikan terhadap penguasaan konsep oleh siswa.Kata kunci: keterampilan proses sains, media realia, penguasaan konsep