PROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS III SEKOLAH DASAR

Main Authors: Ariska, Novalia, Jalmo, Tri, Marpaung, Rini Rita T.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Bioterdidik , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/5706
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/5706/3553
Daftar Isi:
  • The purpose of this research is to describe how the teachers teach science for grade three of Rajabasa elementary school. The research subjects are  six teachers who teached science for grade three of Rajabasa elementary school by using purposive sampling technique. The research data was qualitative data that was obtained from description of teacherâ€TMs learning process. Data analysis was gotten from learning activity observation sheet that was compared with process standard, scientific approach and contructivism. The research result show that science learning that was done by teachers who teach grade three of Rajabasa elementary school is not suit enough with process standard (83,4%), scientific approach (66,7%) and contructivism (66,7%). Thus, the science learning that was done by teachers who teach grade three of Rajabasa elementary school is not suit enough with those three cases.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pembelajaran IPA pada kelas III Sekolah Dasar di Rajabasa. Subjek penelitian ini adalah enam guru yang mengajar IPA pada kelas III Sekolah Dasar di Rajabasa menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh dari deskripsi proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Analisis data diperoleh dari lembar observasi kegiatan pembelajaran yang dibandingkan dengan standar proses, pendekatan saintifik, dan konstruktivisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru-guru kelas III pada SD di Rajabasa adalah kurang sesuai dengan standar proses (83,4%), pendekatan IPA saintifik (66,7%) dan konstruktivisme (66,7%). Dengan demikian, pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru-guru kelas III pada SD di Rajabasa adalah kurang sesuai dengan ketiga hal tersebut.Kata kunci: konstruktivisme, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, profil guru, standar proses